Jumat, 19 Januari 2018

Review Menginap di Rumah Pohon Leo dan Berkeliling di Taman Buah Mekarsari

Aku mau sharing penginapan lagi. Kalau dua yang sebelumnya kan tentang penginapan perkotaan, nah yang ini adalah penginapan nuansa alami, Rumah Pohon LEO.
Kalau ada yang mengikuti dan sudah membaca postinganku tentang anakku yang senang sekali dengan hewan, nah ini adalah hari yang sama setelah kami berkunjung dari Taman Reptil, TMII.
Harusnya jadwal check in jam 2 siang, tapi karena kelamaan di TMII, akhirnya nyampe Rumah Pohon hampir magrib.
Di Taman Buah Makarsari ini hanya ada 5 Rumah Pohon, dan saat aku sampai sudah ada 3 keluarga lain yang disana.
Lega, karena aslinya tak beda dengan foto-foto di website. Tempatnya memang asri sekali, sangat alam dan banyak terdengar suara hewan malam yang buatku indah (lebih-lebih pas paginya, suara burungnya merdu-merdu).
Kami berkeliling sebentar menikmati sisa senja lalu lanjut sholat magrib.
Selesainya sholat magrib, kami bersiap kebawah untuk menyusun makanan yang akan dibakar-bakar.
Oh ya, perlengkapan bakarannya sudah disediakan oleh Rumah pohon. Kalau kita tidak bawa bahan makanannya, bisa juga membeli ikan atau ayam dari mereka untuk dibakar. Tapi, kami sudah membawa sosis, dan ubi cilembu buat dibakar-bakar.
*khusus untuk besi panggang untuk tempat sosis, aku bawa sendiri. Soalnya agak ragu kalo alat pemanggangnya bekas yang lain. Walau itu sudah dicuci.
Nah, soal nyamuuk, memang lumayan si, secara tempatnya memang hutan yaa. Kalo nggak mau ada nyamuk, ya jangan ke hutan hehehe..
Tapiiii, setelah bara api buat memanggang dihidupkan, nyamuk-nyamuk pada kabuuuur. Udah nggak ada lagi nyamuk yang mendekat.
Walaupun ini rumah pohon, tapi ada air panasnya juga loh buat mandi. Jadinya seger banget mandi sehabis panggang-memanggang.
35463670010_5574ddf83a_z.jpg
35042228183_8265a13194_m.jpg 35719732771_9e7cc20370_m.jpg 35810987076_06f69952e9_m.jpg35669058392_0bfc65b649_m.jpg
Screen Shot 2018-01-18 at 7.39.29 PM.png
Olah raga pagi dan sarapan yang menyenangkan. Sehabis subuh, kami jalan pagi menuju danau dan tempat Outbond. Tapi Ahza kelelahan ditengah jalan, maka cuma ayahnya dan Bang Hamdi yang lanjut sampai ke Danau.
Menghirup pagi disini, sudah pasti menyegarkan. Apalagi ketika kembali ke Rumah Pohon, langsung disediakan sarapan sambil duduk-duduk santai di halaman luasnya.
35810709026_8d944f3a35_z.jpg
Screen Shot 2018-01-18 at 10.11.18 PM.png
Selanjutnya kami berkeliling Taman Buah Mekarsari yang diawali dengan melihat berbagai jenis buah. Anak-anak belajar menanamnya, dan bibit yang ditanam boleh dibawa pulang (yeayyy membawa 6 pot tanaman).
Selain menanam, beberapa kebun buah yang disinggahi juga membolehkan untuk membawa buahnya atau meminum jus buah yang dihasilkan.
Sebenarnya, membawa pulang tanaman yang ditanam, lalu minum jus buahnya, diberikan juga buah yang unik, mencicipi buah melon, itu sudah masuk paket tour Family Train.
35834839395_eac63d2a05_z.jpg 
34994720104_a9d1ccc276_m.jpg34991778844_4403f2961a_z.jpg
34994324254_423ca56a70_m.jpg 35024663233_b56ffe1cf4_m.jpg 35666129092_3a0e455874_m.jpg
35696783561_014c79cf76_z.jpg
35447508890_57206147d0_m.jpg35666827912_14e70f19dd_m.jpg35702081491_606a875749_m.jpg
Berkuda, memancing, melukis caping, menonton Sains.
Sebenarnya, menanam tumbuhan, menangkap ikan, melukis caping ini sudah pernah mereka lakukan dari program sekolah mereka. Hamdi juga pernah waktu masih SD di tempat berbeda.
Tapi Berhubung tujuan utama kami adalah menginap di Rumah Pohon dan melakukan kegiatan di sekitarnya, ya sekalian aja dijalani lagi.
Ada insiden kecil yang terjadi dua kali ketika itu. Dan kedua pemeran utama dari insiden ini adalah "Ahza".
Pertama Ahza tiba-tiba menghilang saat kami ingin makan di warung, padahal aku yakin sekali dia berada dibelakangku waktu masuk tempat makan. Waktu kami duduk dan memesan makanan, Ahzanya tidak ada. Ayahnya menunggu Ahza di tempat makan, aku dan hamdi berkeliling.
Mulai panik, aku langsung ke pusat informasi dan diumumkan 3 kali. Ahza masih belum datang, aku meminta petugas pengumuman teater juga mengumumkan di sekitar teatar sains.
Ahza masih belum ketemu. Aku mulai panik karena sudah agak lama dari terakhir melihat Ahza, Ahza masih belum aku temukan. Pikiranku mulai kalut di jalanan.
Tapi, tiba-tiba muncul Ahza yang menangis dari warung tempat kami akan makan (seharusnya), sambil bilang "Ahzaa kan baru bangun bobok, kok dimarahiiii."
Ternyata Ayahnya menemukannya di warung itu sedang tertidur di kursi lain. Mungkin karena aku udah panik duluan, justru yang di dalam warung tidak aku perhatikan.
Leganyaa aku waktu melihat Ahzaa, langsung aku gendong. Aku peluk-peluk sambil nangis.
Si Ayah menemukannya waktu Ahza terbangun dan mengangkat kepalanya. Sontak, dan refleks si ayah memarahi Ahza karena dikiranya "Ahza ngambek sampai tertidur".
Ya ya.. sebelumnya Ahza memang kesal karena tidak jadi ke WaterKingdom", jadi dikira ayahnya, Ahza sengaja duduk di meja lain.
"Ahza liat tuh Mama sama Abang udah keliling-keliling nyariin Ahza dari tadi." Marah Ayahnya.
"Ahza kan boboook. Ahza pikir tadi ayah sama mama pilihnya di meja itu. Ya udah ahza duduk, trus ketiduran." Sahutnya sambil terisak.
Aku peluk-peluk Ahza sambil memasuki gedung teater sains. Di sana Ahza masih sebel dimarahi Ayah. Ahza nggak mau duduk dekat Ayah. Ayahpun sama, kesal juga sama Ahza karena bobok nggak bilang-bilang dan bikin panik. Hehehehe.
Sehabis nonton sains, dua ayah dan anak itu rekonsiliasi dengan memancing. Ketawa-ketawaan lagi, manja-manjaan lagi. Dan emaknya yang bete nungguin mereka mancing lamaaaaanyaaaa. Ampuun deh.
Insiden ke dua, Ahza baru sadar kalau tasnya yang berisi Hp ketinggalan di toilet sejak mau sholat Dzuhur, sedangkan sadarnya sudah jam 5 sore.
Astagaaa... langsung kami berlari ke toilet, tas tak ada.
Lalu ke pusat informasi.... Alhamdulillah, tas dan ho nya ada yang membawanya ke pusat informasi untuk disimpan.
Ah... ahzaaa ahzaaa...
34991565024_f8970fef0d_m.jpg 35019666363_dc7382cc1e_m.jpg 35830916585_61eb026525_m.jpg
35795575166_ab97db37c9_z.jpg
Biaya menginap di Rumah Pohon Leo dan keliling Taman Buah Mekarsari:
Rumah Pohon: Rp 990.000 per malam dengan fasilitas kamar seperti di foto. Rumah pohon hanya ada 5, ada yang pakai dapur dan ada yang tidak. Harganya tetap sama. Dengat harga itu, Rumah pohon juga menyediakan tour keliling Mekarsari dengan menggunakan kereta keliling umum. Bedanya dengat Family train, kereta ini berbarengan dengan pengunjung lain, dan waktunya singkat.
Family Train: Rp 650.000 (maximal 6 orang).
Dengan fasilitas:
Kereta ekslusive 2 jam
Tur Greenland untuk 6 orang
Bertanam tabulampot (6 pot)
Lukis caping 4 unit
Wisata berkuda anak 2orang
Menontonton pertunjukan sains
Air mineral 8 botol
Soft drink 8 botol
Wisata memancing 2 set
Tapi jika membawa mobil pribadi, sebenarnya tidak perlu mengambil paket Family Train. Karena mobil khusus yang menginap diperbolehkan masuk sampai di Rumah Pohon. Jadi ya bisa menggunakan mobil pribadi saja berkelilingnya. Waktu itu kami belum terlalu faham, padahal mobilnya dibawa masuk.

9 komentar:

  1. Mbaa, teryata ada sarapan juga ya? Untuk berapa orang? Kalau makan siang, banyak pilihan nggak mba?
    Makasih infonyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mbak, sudah paketnya. Makan siabg pun kayaknya bisa..karna untuk bakar2 ikan aja bisa kita pesan. Tapi kmrn ..Kalau makan siang kami di taman bermainnya aja..banyak rumah makannnya. Soalnya kan siang juga udah checkout

      Hapus
  2. Mekarsari sekarang bagus ya mba.. Tempat nginapnya enak banget.. Anak-anak pasti seneng kalo diajak ke sana.. Harganya udah termasuk sarapan sama bakar-bakaran pas malam itu juga mba? Bisa nih jadi list buat nginap bareng keluarga.. Gak gitu jauh juga dari rumahku di Depok.. TFS mba.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mbak. Suasananya enak..
      Harga termasuk sarapan..tapi untuk bakar2annya..kalo mau ikan bisa pesan ke mereka atau kita bawa sendiri mbak.

      Hapus
  3. tempatnya cakep yaaa mba..seru liat libutannya :). Saya ke Taman Mekarsari tahun berapaaa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. ada pilihan menginap di D'cabin juga. tapi kali lebih suka Rumah Pohon.

      btw, saya juga baru pertama kali kesini mbak :D

      Hapus
  4. Waahh boleh tuh nginep d rumah pohon nya seruuuu liatnya

    BalasHapus
  5. Paket wisata keluarga yang menarik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak, apalahi 1 kamar bisa muat kita sekeluarga

      Hapus