Selasa, 14 Mei 2013

MOM GO BLOG



MOM, GO BLOG
Sebuah Aktualisasi Perempuan Digital

Emak Digital?

Pernah mencoba ngeblog sambil menunggu cucian, atau sambil masak, atau malah diselingi anak-anak yang lagi asik bermain lempar bantal di kamar? Cuma ibu digital yang bisa melakukannya, terlebih kita sebagai perempuan, dianugerahi "perusahaan multitasking" di dalam diri masing-masing, bisa memikirkan dan mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Dunia digital, membuat rumah kita yang petak terasa luas. Kita juga tak merasa sendirian dalam melakukan berbagai hal. Tak pula minder dengan embel-embel "Ibu Rumah Tangga" full house , karena ibu rumah tangga sekarang juga bisa canggih, atau lebih canggih, bahkan.

Beberapa ibu, justru, memanfaatkan kecanggihan teknologi sekarang dengan mencari tambahan penghasilan, hanya dari dalam rumah. Ibu lain mengabadikan beberapa momen terpentingnya dalam keluarga lewat tulisan dan blog. Komunitas-komunitas blog pun mulai bertebaran di dunia maya. Saling berbagi cerita dan pengalaman tanpa perlu bertatap muka. Jarak pulau Sumatera dan Kalimantan, atau Bali dan Aceh, tak lagi terlihat. Para ibu hanya perlu sebuah modem dan notebook dirumahnya, lantas, jarak pulau pun tak lagi terasa.

Saya sendiri, yang baru bergabung dengan KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger) dalam bulan ini, terarik untuk ikut dalam kesenangan ibu-ibu yang dipanggil dengan sebutan emak, sudah merasakan intensitas para perempuan yang rajin sekali menulis di blog. Kisah para ibu dalam Kumpulan Emak-Emak Blogger ini saling bersentuhan. Semisal, perjalanan kisah cinta dan liku kehidupan mbak Alaika Abdullah yang telah dinobatkan sebagai Acer Srikandi Blogger 2013 oleh KEB, Acer, dan Rinso beberapa waktu lalu. Atau kisah seorang emak giat dan pengrajin lomba blog sambil menunggu kelahiran sang buah hati, mbak Windi teguh. Lagi, kisah teman maya terdekatku kak Fardelyn hacky yang sedang berjibaku dengan kuliahnya di Thailand. Mereka bertiga tergabung dalam Kumpulan Emak2 Blogger ini.

KEB yang pertama kali didirikan oleh Mira Sahid, MakPon, telah mengumpulkan hampir 1000 anggota didalam forumnya. Jumlah yang tidak main-main tentunya. Rata-rata perempuan yang menggabungkan diri dalam komunitas ini punya dasar pemikiran yang sama, yaitu berbagi inspirasi, motivasi, dan pengalaman melalui tulisan-tulisan yang diposting dalam blog. 


Pengalaman saya selama ngeblog sejak tahun 2005, yang saat itu masih memakai Friendster sebagai media blog saya, mengalami pasang surut posting, alias mood yang kadang naik atau kadang fakum beberapa bulan. Itulah kenapa saya juga ikut menggabungkan diri dalam beberapa komunitas blog. Setelah berkenalan dengan Blogger, saya kemudian beralih  menulis postingan di blogger.com. Ada 3 blog utama saya: blog puisi (yang sudah saya jadikan buku), blog cerpen, dan blog yang sedang saya posting ini. Rumah blog yang saya diami ini lebih banyak menulis tentang hal-hal yang terjadi dalam kehidupan dan keseharian saya bersama keluarga.

Menjadi Ibu Go Blog, saya jadi punya nilai tambah dimata ibu-ibu para istri pegawai tempat suami saya bekerja. Saya dan ibu wakil kepala perusahaan mengadakan beberapa pelatihan internet dan blog untuk istri-istri pegawai yang saat itu belum terlalu melek. Pelatihan internet yang rutin kami lakukan saat itu membawa dampak besar, ibu-ibu yang tadinya tidak mengenal jejaring sosial, mulai mendaftarkan diri dalam euforia jejaring sosial. Ibu-ibu yang sudah melek internet tapi belum mengenal blog, akhirnya menjadi "Mom Go Blog". 

Mereka mulai menceritakan keseharian mereka seperti membagikan gambar masakan yang baru mereka masak dalam jejaring micro blogging, menceritakan kepiawaian anak-anak mereka yang dari berbagai umur, atau sekedar bercerita pendek tentang malam yang sepi ketika suami sering dinas keluar kota. Yah, walau itu hanya micro blogging, tapi dengan cerita pendek mereka, saya merasa puas karena teman-teman saya yang umurnya lebih banyak diatas saya, akhirnya punya hobi baru, yaitu menulis.

Bersama teman-teman Aceh lain, saya juga menggabungkan diri dalam ABC (Aceh Blogger Community), berhubung saya juga mempunyai sebuah usaha internet cafe, beberapa kali saya ikut serta dalam mensponsori tempat dan internet bersama ABC dalam pelatihan blog. Bertemu dengan teman-teman yang punya hobi sama, lalu menularkannya, punya arti sendiri terutama bagi seorang ibu seperti saya.

Ini adalah pelatihan blog yang pernah saya sponsori bersama ABC.









Acer Srikandi Blogger 2013

Banyaknya perempuan yang berminat ngeblog untuk mengisi waktu luangnya, membuat Acer dan Rinso mengadakan ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013 beberapa waktu lalu. Sayangnya, saat itu aku belum menggabungkan diri dalam KEB, jadi tak tahu bahwa ajang seperti ini pernah ada. Tapi semenjak bergabung, dan melihat beberapa berita dalam website KEB tentang ajang pemilihan Acer srikandi blogger 2013 ini, ada satu hal yang terasa, bahwa perempuan yang bertitel ibu, bisa dengan hebatnya berdiri di atas panggung keren di acara yang bergengsi. Ditambah lagi, acara tersebut disponsori oleh beberapa perusahaan besar seperti Acer dan Rinso.

Kemegahan acara aku ikuti melalui beberapa artikel dan berita, seperti wawancara kepada KEB yang dilakukan oleh detik.com disini sebelum acara pemilihan. Atau, streaming youtube "Dibalik Dapur Acer Srikandi blogger 2013" di channel ini. Maklum, semenjak menikah sekitar 10 tahun lalu, aku tak pernah menghidupkan TV dirumah. Jadi, bisa dikatakan, internet adalah media partnerku yang terpenting sebagai pengisi waktu dan kepala.

Dari streaming video dan membaca artikel ajang itu aku meyakini kemegahan acara yang dipegang oleh Mak Wylvera windayana sebagai ketua panitia. Dimulai dengan gladi bersih sebelum acara, para finalis dan panitia secara serius menggarap acara ini agar berhasil.




Hari penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 pun dimulai. Saat itu, tanggal 28 april 2013, disebuah gedung, berkumpullah emak-emak blogger dengan perasaan haru dan antusias. Terlebih untuk para finalis yang sedang menunggu pengumuman. Acara ini juga dibanjiri oleh hadiah dan doorprize dari Acer, Rinso, Wardah, Samikuring, dan Carrefour. Selain itu, semua finalis tampak cantik setelah didandani oleh Wardah kosmetik, mereka disulap menjadi putri satu malam.

Gambar diambil dari wesite Kumpulan Emak2 Blogger

Malam penganugerahan Acer Srikandi Blogger 2013 diisi dengan beberapa acara yang sangat meriah, seperti pembacaan monolog oleh ketua panitia Mak Wylvera windayana, Fashion Show Anak, dan beberapa acara lain. 



Gambar diambil dari wesite Kumpulan Emak2 Blogger


Akhirnya, acara puncak dimulai, yaitu pengumuman pemenang Acer Srikandi Blogger 2013. Ia adalah mbak Alaika Abdullah, yang juga akan mewakili KEB dalam ajang pemilihan Asean Blogger 2013 di Solo. Beliau berasal dari Aceh, walau sempat merantau di Medan selama 9 tahun, namun sekarang ibu satu anak ini sudah tinggal di Aceh lagi.
Sumber: http://www.alaikaabdullah.com


Selain gelar srikandi bloggef, Acer dan Rinso juga menobatkan 3 finalis lain, masing-masing:
Anazkia sebagai Srikandi Favorit 2013, wanita ini datang jauh-jauh dari negeri seberang, malaysia. Tapi jangan salah, beliau ini sebenarnya berkebangsaan Indonesia, namun sedang bekerja disana.


Sumber: http://www.anazkia.com


Myra Anastasia sebagai Srikandi Persahabatan 2013, walau saya belum mengenal beliau karena intensitas saya yang masih baru. Tapi beliau berhasil menapatkan gelar Srikandi Persahabatan berdasarkan hasil voting. Benar-benar sahabat yang baik, bukan. :)


Sumber: http://bundabelajarmenulis.blogspot.com



Haya Aliya Zaki sebagai Srikandi Inspiratif 2013. Emak cantik ini adalah seorang penulis, editor lepas, dan juga trainer. "My Best Story: Best Friend Forever" yang diterbitkan oleh DAR Mizan adalah buku terbarunya. 

Sumber: http://www.hayaaliyazaki.com/

dan terakhir adalah yang paling menarik, yaitu penobatan Mak Yati Rachmat yang berumur 70 tahun sebagai blogger dengan Lifetime Achievement.


Sumber: http://goodcrab-personal.blogspot.com/



Gambar diambil dari wesite Kumpulan Emak2 Blogger


            Selamat kepada para Srikandi dan finalis. Semoga, emak-emak ini semakin berjaya dengan blog dan tulisannya yang menginspirasi, sehingga membuat semua emak mengikuti jejak mereka. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis blog Srikandi Blogger 2013.

8 komentar:

  1. Akhirnya di detik2 terakhir kakak posting jugaa. ohya, kok kayaknya kenal ya dengan perempuan di salah foto paling atas. pake jilbab coklat. wkwkwkwk. kabuuur

    BalasHapus
  2. Hahahahaha... mau kakak kenalin, Za??? xixixixi

    BalasHapus
  3. kalo yang belum jadi emak-emak ada enggak ya perkumpulannya? :D

    BalasHapus
  4. Aira: Di KEB ada juga yang blom jadi emak, tapi kan nanti bakal jadi emak juga :-D

    BalasHapus
  5. Selamat sore. Jury visit. Semoga sukses ya :)

    BalasHapus
  6. sore... terima kasih atas visit nya mbak lusi :)

    BalasHapus
  7. Halo cut adek Afrida, apa kabar nih? Baru tau dirimu berdomisili di Aceh. Senang deh mengetahui makin banyak emak blogger di Aceh. Di Banda Aceh juga kah dirimu?

    Oya, btw, saat ini sy berdomisili di Bandung, tidak lagi di Aceh, tapi msh sering pulang karena anak saya masih di Banda Aceh, menunggu tamat dari SMU Labschoolnya. :)

    Trimakasih yaaa atas postingannya, dan foto2ku jadi mejeng di blogmu yang keren ini. :)

    Sukses terus untuk semangat berbaginya yang luar biasa yaaa! :)

    Saleum,
    Alaika

    BalasHapus
  8. terima kasih kunjungan dan salam semangatnya ya mak Alaika..... semoga bisa bertemu suatu saat ya maakkkk ;)

    BalasHapus