KELOMPOK BERCERITA UNTUK ANAK
Adalah suatu metode pengembangan daya nalar anak dengan membacakan cerita dan dongeng. Kelompok ini akan dibimbing oleh seorang PM TOH atau pembaca cerita dengan gaya bahasa dan gerak tubuh yang menarik untuk anak-anak. Selain itu, PM TOH akan melengkapi cerita dengan beberapa alat bantu seperti boneka tangan atau gambar-gambar yang menarik. Sesi bercerita juga akan diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan yang membangun ide anak untuk menjawab. Cerita-cerita yang akan di sampaikan berupa: Sejarah Nabi/Rasul, Sahabat Nabi, Cerita rakyat, Dongeng dari berbagai daerah, dan berbagai cerita anak.
Disni kami juga menyediakan berbagai buku cerita dan komik untuk anak, mulai dari cerita Rasul, Khalifah, dan seri Pendidikan.

Mengapa mendongeng atau membacakan cerita untuk anak itu sangat perlu?
Membacakan cerita untuk anak selama 15 menit saja sama dengan memberikan ribuan nutrisi gizi kepada anak. Manfaat yang diterima anak sangat besar.Bahkan menurut Dani Widyoputranto Editor Penerbit Erlangga, membacakan cerita untuk anak mempunyai 12 manfaat, yaitu:
kemampuan berbahasa meningkat, kemampuan mendengar meningkat, kemampuan berkomunikasi verbal meningkat.
Disamping meningkatkan kemampuan konseptual, kemampuan memecahkan masalah, daya imajinasi dan kreativitas bertambah, EQ (kecerdasan emosi) naik, nilai moral dan wawasan bertambah, pengetahuan ragam budaya bertambah, mendapatkan relaksasi jiwa dan raga dan keakraban emosi antar orangtua dan anak meningkat.

Begitu pula menurut menurut praktisi homeschooling yang juga Ketua Umum Asah Pena (Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif Indonesia), Seto Mulyadi, bercerita atau membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat.
”Selain meningkatkan kemampuan konseptual, mendengar, berbahasa, berkomunikasi verbal dan memecahkan masalah. Aktivitas ini juga mampu meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas, pengetahuan serta kecerdasan emosial anak”, katanya.

Berangkat dari konsep diatas kami membuka sebuah kelompok bercerita untuk anak, yang terletak di:
WAROENG KOMIK, Jl. T. Nyak Arief. Lr. PBB. Belakang BRI Darussalam.
1 sesi kelompok akan diikuti oleh maksimal 15 anak, dengan durasi selama 1 jam.
Pertemuan akan dilakukan sebanyak 8 kali/bulan.
Sistem pembayaran disesuaikan dengan kondisi keuangan orang tua, karena diberlakukan subsidi silang. Disini kami akan mengundang 4 orang anak kurang mampu dengan bebas pembayaran untuk setiap sesi.


Biaya kelompok bercerita:
1. Uang Pendaftaran = Rp 20.000; Digunakan untuk membeli dan memperbaharui alat-alat bantu bercerita/mendongeng.
2. Biaya perbulan subsidier (8 kali pertemuan) = Rp 50.000; Digunakan untuk gaji PM TOH (pembaca cerita), Sewa tempat, dan pengelola.
3. Biaya Penerima subsidi/ bulan = Rp 0; dengan kata lain ’gratis’. (Undangan)

Tempat Pendaftaran:

WAROENG KOMIK, Jl. T. Nyak Arief. Lr. PBB. Belakang BRI Darussalam. Kode pos 23111
Telp: 0651-7413678

0 Komentar