Rabu, 27 Mei 2009

4 Hari Menjadi Juri Blog Competition Bagi Blogger Baru

Berkat bung Fadli, selama 4 hari aku jadi juri lomba blog yang diadakan 'Small kindness' community. Blog yang masuk lumayan banyak. Awalnya sedikit nggak PD, tapi berhubung yang ikut lomba adalah pemula yang bener2 baru mempunyai blog... timbullah rasa percaya diriku. Poin yang paling penting untuk kuambil adalah originalitas posting dan kesesuaian tema. Soal template itu hanya nilai tambah. Yang penting enak diliat dan tidak gelap. Banyak blog yang terlalu berkreasi dengan macam-macam tools, yang ada malah bikin sakit mata dan tidak fokus ngeliat isi postingan.
Dari sekian banyak blog, banyak juga yang cuma copy paste. Sayang sih kalau di pikir-pikir. Blog adalah wadah kita untuk menulis dan menuangkan isi kepala kita.. artikel lain layaknya hanya sebagai sumber pendukung dan bukan bener2 'plokk' sama persis isinya. Itu sama aja dengan plagiat. mungkin beberapa adek2 blogger yang baru belum memahammi betul keindahan dan makna blog sesungguhnya.
Buatku, menulis di blog lebih menyenangkan ketimbang menulis di diary. Paling tidak kita bisa membaginya dengan beberapa teman yang kebetulan blog walking. Alhamdulillah, ketika pengumuman dan pembagian hadiah berlangsung, panitia telah menyampaikan seluruh kriteria penjurian dan alasan masuk 5 besar. Poin yang paling utama dalam blog adalah posting... bagaimana isi dari posting dapat membuat pembaca senang membacanya... dan ukan semata-mata hanya design.
Aku sendiri memulai untuk blogging sejak tahun 2006, dan pertama kali ngeblog di Friendster ( http://blue-imut.blog.friendster.com/ ) waktu masih jaman FS lagi Hot. Kebanyakan tulisan yang aku buat adalah mengenai kurcaci-kurcaciku. Segala tulisan benar-benar berdasarkan pengalamanku pribadi selam mendidik kurcaciku. Selain itu ada juga beberapa postingan tentang puisi, sahabat, atau resensi filem.
ketika kebanyakan orang sudah mulai ngeblog dengan blogspot, akupun beralih ke blogspot pada tahun 2008. Puisi lebih banyak aku tuang disini. Untuk kedepannya, aku ingin sekali mengumpulkan seluruh puisiku dalam satu buah website pribadi dengan nama pribadi tanpa embel-embel blogspot dibelakangnya.. semoga..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar